Mengenal Kode Error Excavator Kobelco SK200-8

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Dalam bumi bangunan dan pertambangan, efisiensi dan efektivitas perangkat berat sangatlah krusial untuk menunjang produktivitas. Salah satu perangkat berat nan kerap digunakan adalah excavator, khususnya model Kobelco SK200-8 nan terkenal dengan performanya.

Namun, seperti halnya mesin lainnya, excavator ini juga bisa mengalami beragam hambatan teknis. Untuk membantu operator dan teknisi dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah, Kobelco SK200-8 dilengkapi dengan sistem diagnostik nan mengeluarkan kode error.

Kode error ini merupakan kombinasi nomor dan huruf nan memberikan info spesifik mengenai kerusakan alias malfungsi nan terjadi pada unit. Memahami makna dari setiap kode error ini sangat krusial agar perbaikan dapat kakmu lakukan dengan tepat dan cepat.

Artikel ini bakal mengulas beberapa kode error nan umum muncul pada excavator Kobelco SK200-8, penyebab terjadinya error tersebut, serta langkah-langkah nan dapat diambil untuk mengatasinya.

Mengenal Kode Error Excavator Kobelco SK200-8

Cara Mengetahui Kode Error Excavator Kobelco SK200-8

Untuk mengetahui kode error nan muncul pada monitor excavator Kobelco SK200-8, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Nyalakan mesin excavator Kobelco SK200-8 dengan menekan tombol start.
  • Perhatikan layar monitor nan terletak di kabin operator. Jika ada kode error nan muncul, maka layar monitor bakal menampilkan simbol segitiga kuning dengan tanda seru di dalamnya, diikuti oleh kode error nan terdiri dari huruf dan angka, misalnya P0193, P0629, P1211, dan lain-lain.
  • Catat kode error nan muncul pada layar monitor. Kamu bisa menekan tombol up alias down untuk memandang kode error lainnya nan mungkin ada.
  • Matikan mesin excavator Kobelco SK200-8 dengan menekan tombol stop.
Kode Eror AC Sharp nan Sering Muncul dan Cara Mengatasinya

Arti dan Penyebab Kode Error Excavator Kobelco SK200-8

Setelah mengetahui kode error nan muncul pada monitor excavator Kobelco SK200-8, Anda perlu mengetahui makna dan penyebab dari kode error tersebut.

Kode error nan muncul pada monitor excavator Kobelco SK200-8 terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Kode error nan berasosiasi dengan sistem mesin, seperti sensor tekanan, sensor suhu, sensor kecepatan, sensor throttle, dan lain-lain.
  • Kode error nan berasosiasi dengan sistem bahan bakar, seperti solenoid pompa bahan bakar, solenoid injector, tekanan common rail, dan lain-lain.
  • Kode error nan berasosiasi dengan sistem elektrik, seperti switch, relay, preheat device, dan lain-lain.
  • Kode error nan berasosiasi dengan sistem EGR, seperti solenoid EGR valve, dan lain-lain.

Kode Error nan Berhubungan dengan Sistem Mesin

1. P2228: Sensor tekanan atmosfer rusak (LO)

Artinya, sensor tekanan atmosfer mengirimkan sinyal nan terlalu rendah ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran sensor tekanan atmosfer kotor, rusak, alias terputus.

2. P2229: Sensor tekanan atmosfer rusak (HI).

Kode ini mempunyai makna sensor tekanan atmosfer mengirimkan sinyal nan terlalu tinggi ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran sensor tekanan atmosfer kotor, rusak, alias terhubung dengan sumber tegangan lain.

3. P0192: Sensor tekanan common rail rusak (LO)

Selanjutnya adalah sensor tekanan common rail mengirimkan sinyal nan terlalu rendah ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran sensor tekanan common rail kotor, rusak, alias terputus.

Kode Error nan Berhubungan dengan Sistem Bahan Bakar

1. P0629

Kode ini mempunyai makna solenoid pompa bahan bakar tidak berfaedah dengan baik. Penyebabnya bisa lantaran solenoid pompa bahan bakar kotor, rusak, alias terputus.

2. P0628

Selanjutnya, solenoid pompa bahan bakar mengirimkan sinyal nan terlalu rendah ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran solenoid pompa bahan bakar kotor, rusak, alias terputus.

3. P0627

Pada kode ini artinya solenoid pompa bahan bakar mengirimkan sinyal nan terlalu tinggi ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran solenoid pompa bahan bakar kotor, rusak, alias terhubung dengan sumber tegangan lain.

4. P1211

Kode ini berfaedah solenoid injector tidak berfaedah dengan baik. Penyebabnya bisa lantaran solenoid injector kotor, rusak, alias terputus.

Kode Error nan Berhubungan dengan Sistem Elektrik

1. P0560

Pertama, kode ini mempunyai makna tegangan baterai di bawah nilai standar. Penyebabnya bisa lantaran baterai lemah, kabel baterai longgar, alias alternator rusak.

2. P0562

Selanjutnya, tegangan baterai mengirimkan sinyal nan terlalu rendah ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran baterai lemah, kabel baterai longgar, alias alternator rusak.

3. P0563

Kode ini mempunyai makna bahwa tegangan baterai mengirimkan sinyal nan terlalu tinggi ke ECU. Penyebabnya bisa lantaran baterai terlalu kuat, kabel baterai terhubung dengan sumber tegangan lain, alias regulator tegangan rusak.

Cara Mengatasi Kode Error Excavator Kobelco SK200-8

Setelah mengetahui makna dan penyebab dari kode error nan muncul pada monitor excavator Kobelco SK200-8, Anda perlu mengatasi alias menghapus kode error tersebut.

Cara mengatasi alias menghapus kode error bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan dari kode error tersebut. Berikut adalah beberapa langkah umum nan bisa kalian lakukan.

1. Bersihkan Komponen

Pertama, periksa dan bersihkan komponen nan mengenai dengan kode error, seperti sensor, solenoid, relay, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan alat-alat seperti obeng, kunci pas, kuas, kain lap, dan lain-lain.

Pastikan komponen tersebut tidak kotor, berkarat, alias terbakar. Jika ada komponen nan rusak alias aus, tukar dengan nan baru.

2. Periksa dan perbaiki kabel dan konektor

Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan alat-alat seperti tang, tester, solder, dan lain-lain. Pastikan kabel dan konektor tersebut tidak putus, lepas, alias konslet.

Jika ada kabel alias konektor nan rusak alias aus, tukar dengan nan baru.

3. Reset kode error dengan menggunakan perangkat scan tool 

Pada tahap ini, kakmu bisa menggunakan perangkat scan tool nan disediakan oleh dealer resmi Kobelco, alias perangkat scan tool nan kompatibel dengan excavator Kobelco SK200-8.

Ikuti petunjuk penggunaan perangkat scan tool nan ada pada manual book alias website resmi Kobelco. Jika kode error sukses kalian hapus, maka layar monitor bakal menampilkan pesan “No Error”.

Kode Error EDC Bank BNI! Yuk Simak Daftar dan Cara Mengatasinya

4. Bawa ke Bengkel Resmi

Jika kode error tidak bisa dihapus dengan menggunakan perangkat scan tool, alias kode error muncul kembali setelah dihapus, maka Anda perlu membawa excavator Kobelco SK200-8 ke bengkel resmi Kobelco untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi nan berilmu dan bersertifikat.

Kesimpulan

Dengan memahami kode error bisa membantu kalian untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah alias kerusakan nan terjadi pada excavator Kobelco SK200-8 dengan lebih sigap dan akurat.

Jika kode error tidak bisa diatasi alias dihapus dengan cara-cara nan sudah kita bahas, maka kalian perlu membawa excavator Kobelco SK200-8 ke bengkel resmi Kobelco untuk mendapatkan pelayanan nan ahli dan berkualitas.

Demikian tulisan nan saya tulis tentang “Mengenal Kode Error Excavator Kobelco SK200-8”. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai bertemu di tulisan selanjutnya. 

Coba cari lagi apa nan ada inginkan pada kolom berikut:

DMCA.com Protection Status