Gaduh Jersey Timnas: Identitas, Komoditas, dan Sakralitas

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

ANALISIS

Abdul Susila | CNN Indonesia

Rabu, 03 Apr 2024 07:41 WIB

Jersey keluaran terbaru Timnas Indonesia menuai kontroversi. Mulai dari fans hingga sejumlah pengamat sepak bola turun tangan. Jersey Timnas Indonesia produksi Erspo jadi kontroversi. (AFP/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNN Indonesia --

Jersey terbaru Timnas Indonesia nan diproduksi Erspo memicu gaduh. Diawali kritik kualitas dan desain, merembet hingga persekongkolan komoditas.

Kerja sama PSSI dengan Mills sebagai produsen jersey Timnas Indonesia periode 2020-2024 resmi berhujung pada akhir Februari. Sebagai gantinya PSSI menunjuk Erigo.

Sebelum itu, PSSI lewat anak perusahaan berjulukan PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI) membuka tender sponsorship kategori pakaian, sepatu, dan aksesoris Timnas Indonesia pada Agustus 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tepat pada 24 Oktober 2023, PSSI merilis ada 20 perusahaan nan ikut tender. Ke-20 perusahaan ini bersaing untuk memproduksi lima jenis perlengkapan Timnas Indonesia.

Setelah menjalani seleksi, PSSI memilih Erigo sebagai jenama nan bakal menyuplai kebutuhan apparel Skuad Garuda. Keputusan itu diumumkan PSSI pada 22 Januari 2024 dalam bertemu pers.

Namun, bukan nama Erigo nan terpajang di dada sebelah kanan jersey Timnas. Melainkan logo Erspo, singkatan Ergonomic Sporty Outfit, nan bakal digunakan.

Pada 18 Maret 2024 jersey baru Timnas Indonesia diluncurkan. Beberapa hari sebelum diluncurkan, penampakan kreasi baru jersey Timnas bocor di beragam kanal media sosial.

Tak pelak, penampakan baru jersey nan bakal digunakan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan ini dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Banyak pihak kecewa dengan kreasi terbaru itu.

Tak dinyana, CEO nan merancang jersey tersebut, Ernanda Putra dari Makna Creative, membikin pernyataan kontroversial di media sosial. Secara serampangan para pengkritik disudutkan.

Aksi Ernanda ini pada akhirnya memantik emosi warganet alias netizen. Gerakan boikot muncul. Dampaknya, Erspo membikin pernyataan mengakhiri kerja sama dengan Makna Creative.

Dari kisruh ini akhirnya keluar rilis dari pihak Erspo, bakal dilakukan kreasi ulang Timnas Indonesia. Jersey baru Timnas kemungkinan dirilis pada tengah tahun ini.

Baca kelanjutan buletin ini di laman berikutnya>>>