Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Suhu Adalah

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Author Minggu, Maret 10, 2024

Dalam pengetahuan fisika, terdapat beberapa jenis perangkat ukur suhu sebagai satuan pengukurannya. Alat pengukur suhu berbeda-beda tergantung kegunaan dan skala nan digunakan.

Alat pengukur suhu diperlukan untuk memperoleh info suhu nan akurat. Selain itu, penggunaan perangkat pengukur suhu bakal mencegah kerusakan jika dirasakan langsung dengan panca indera.


7 Jenis Alat Ukur Suhu Dalam Fisika

Termometer adalah perangkat pengukur suhu nan tidak terpengaruh oleh suhu nan diukur sebelumnya. Berdasarkan kitab Fisika Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 1, Menurut Mikrajuddin (2004:29), jenis perangkat pengukur suhu menurut fungsinya adalah sebagai berikut.

1. Laboratorium Termometer

Termometer ini menggunakan air raksa alias alkohol. Jika unsur cair memanas, unsur cair bakal memuai sepanjang pipa °C.

Karena ruang di atas unsur cair berkarakter vakum, unsur cair dapat dengan mudah bergerak melalui pipa.

2. Termometer Klinis

Termometer klinis digunakan oleh master dan perawat untuk keperluan medis. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dalam pemeriksaan (menemukan jenis penyakit).

Karena termometer klinis hanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia, skala termometer klinis berkisar antara 35°C hingga 42°C.

3. Termometer Kulit

Fungsi Termometer ruangan untuk mengukur suhu ruangan. Skala termometer ruangan dibatasi pada -50°C hingga 50°C.

Jenis perangkat ukur suhu berasas skala nan digunakan antara lain sebagai berikut.

1. Termometer dengan Skala Celcius

Skala Celcius adalah jenis termometer nan paling umum digunakan. Skala Celcius mempunyai suhu seratus derajat, terbagi rata antara suhu kaku dan titik didih.

2. Termometer Skala Kelvin

Lord Kelvin (1824-1907) menyarankan penggunaan suhu nol absolut (-273°C) sebagai skala 0 termometer. Metode pembacaan ini disebut skala Kelvin.

Karena suhu negatif pada skala Kelvin tidak diketahui, penggunaannya sangat mudah dan praktis. Oleh lantaran itu, skala Kelvin ditetapkan sebagai satuan standar suhu.

3. Termometer Skala Reamur

Dalam menentukan skala Reamur, suhu leleh es diberi nilai 0°R, dan suhu air mendidih diberi nilai 80°R.

4. Termometer skala Fahrenheit

Pada skala Fahrenheit, suhu leleh es dinyatakan sebagai 32°F, dan suhu air mendidih dinyatakan sebagai 212°F.

Oleh lantaran itu, ada 7 jenis perangkat pengukur suhu nan umum digunakan. kehidupan. Alat pengukur suhu nan baik kudu dapat membaca dengan sigap dan tidak terpengaruh oleh nilai suhu nan diukur sebelumnya.

Coba cari lagi apa nan ada inginkan pada kolom berikut:

DMCA.com Protection Status

Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa berfaedah agar penulis lebih semangat lagi membikin tulisan berfaedah lainnya. Terima kasih.